header0
Knowledge Resources | Strategic Solutions

Juru Bicara Presiden

PRESIDEN Joko Widodo adalah tokoh yang terbiasa menghadapi sendiri kerumunan wartawan. Dia sudah lama menjadi media-darling yang sudah terbiasa menjaga keakraban dengan para wartawan. Bukan semata-mata karena kesengajaan untuk pencitraan diri, tetapi juga karena kebiasaan yang sudah telah lama dipraktekkan. Namun di sisi lain, seorang presiden idealnya tidak perlu terlalu sering berinteraksi langsung dengan wartawan.  

Dependensi Jokowi

HARUSKAH kita meratapi keputusan KPK menetapkan calon tunggal Kapolri, Komisaris Jenderal Polisi BG, sebagai tersangka “transaksi mencurigakan”? Atau jangan-jangan itu peristiwa yang layak disyukuri? Tergantung dari mana kita memandangnya. Dari perspektif demokratisasi penyelenggaraan pemerintahan, bisa jadi kita justru harus bersyukur. Penetapan BG sebagai tersangka KPK menunjukkan demokrasi masih ada dan berjalan relatif baik di Indonesia.

Menenggang atau Menertibkan Kompleksitas Sosial? - Debat Jurgen Habermas dan Niklas Luhmann tentang Masyarakat

INTEGRASI sosial di dunia kehidupan dan integrasi sistem institusional sesungguhnya saling mengandaikan. Kompleksitas sistem selalu disertai peningkatan rasionalisasi dunia kehidupan. Sebaliknya, peningkatan rasionalitas dunia kehidupan akan mendorong kompleksitas dan diferensiasi sistem. Inilah inti dari pemikiran Jurgen Habermas tentang dikotomi sistem dan dunia kehidupan sebagai komponen pembentuk masyarakat. Rumusan itu bukan hanya menunjukkan perbedaan antara Habermas dan Niklas Luhmann, tetapi juga persamaan di antara keduanya.

Birokrasi Sebagai Rezim Kerahasiaan

Bureaucracy was not the universal estate or corporation concretizing and embodying reason and concern for the common good. It was a particular closed society within the state; it served its own and not the general interest
(Karl Marx) 

This secrecy is a far cry from that pursued by the totalitarian states that have marred the century that is drawing to a close. Yet this secrecy is corrosive: it is antithetical to democratic values, and it undermines democratic processes. The kind of secrecy that is pervasive today in many democratic societies.
(Joseph Stiglitz)

Media dan Pertarungan Politik

KETIKA gegap-gempita pemilihan presiden telah usai, semestinya pers Indonesia segera kembali kepada khittah pers yang profesional, menjunjung tinggi etika dan konsisten menjalankan fungsi kontrol terhadap penyelenggaraan kekuasaan. Publik berharap tidak ada lagi pers yang pro Jokowi atau pro Prabowo. Yang ada tinggal pers yang mampu bersikap kritis sekaligus proporsional terhadap pemerintah, DPR, lembaga yudikatif, partai politik, kekuatan pemodal dan bahkan unsur masyarakat sipil.