header0
Knowledge Resources | Strategic Solutions
ULASAN

Tragedi Fahri Hamzah

POLITIKUS penentang keberadaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu akhirnya dipecat dari keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dialah Fahri Hamzah, politikus kelahiran Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, 10 Oktober 1971. Mantan aktivis mahasiswa Universitas Indonesia, Jakarta, itu tercatat sebagai salah satu eksponen gerakan mahasiswa yang turut serta menumbangkan rezim kekuasaan Orde Baru 1998. Dengan modal politik sebagai aktivis mahasiswa, Fahri Hamzah memenangi pertarungan pemilihan umum dan menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari PKS. Bahkan, sebelum dipecat dari keanggotaan PKS, menduduki jabatan Wakil Ketua DPR. 

  • Written by

Unjuk Rasa dan Sistem Transportasi Umum Jakarta

SENIN kemarin, 14 Maret 2016, ratusan pengemudi taksi dan angkutan umum lainnya berunjuk rasa di tiga lokasi di DKI Jakarta: Balai Kota, Kemeninfo, dan Istana Negara. Akhirnya memang harus ada yang menggelar unjuk rasa soal angkutan umum online, sebab memang ada soal mendasar di baliknya. Justru karena itu kita hargai para sopir angkutan umum yang berunjuk rasa. Kita malah berterima kasih. Melalui unjuk rasa itu demokrasi berpeluang menghasilkan kebijakan yang semakin baik, karena berbagai argumen dari beragam pihak kini terungkap ke publik. 

Skow: Potret Paradoks Pembangunan Papua

PEMBANGUNAN sesunguhnya bukan hanya meningkatkan kesejahteraan, namun juga membawa penetrasi kapital dan intrusi manusia dari luar.  Orang asli Papua yang tidak siap dan disiapkan oleh pemerintah untuk menghadapi gelombang pembangunan itu, akan tergilas. Papua telah lama menghadapi gilasan roda pembanguan seperti itu.

Rimba Citra Foto

KRITIK di media sosial terhadap kebijakan Presiden Joko Widodo yang hendak merumahkan suku Anak Dalam atau Orang Rimba—agar meninggalkan hidup nomaden—dalam beberapa hari masih menarik untuk diikuti. Namun, sejak kemarin, diskusi di ruang maya (virtual) itu dirusak oleh gelombang netizen yang ribut menyoal foto Presiden Jokowi dengan tuduhan melakukan rekayasa untuk pencitraan. Perdebatan sontak bergeser dari keprihatinan tentang minimnya pemahaman antropologis dalam konsep pembangunan negeri ini menjadi urusan apakah dialog itu terjadi spontan atau sengaja diset, direkayasa.

Siapa yang Seharusnya Dikebiri, Pak Presiden?

PADA zamannya, para lelaki adalah orang-orang kepercayaan raja. Mereka diperbolehkan memasuki kawasan istana, termasuk ke tempat-tempat yang paling rahasia, menjaga kediaman selir, mendampingi permaisuri, dan sebagainya. Selama berabad-abad mereka memegang kekuasaan besar. Mereka menyimpan rahasia dan intrik orang-orang istana, namun istana menganggap mereka tak punya status hukum.

Applying Max Weber’s Theory on the Modern State to Analyze Capital Punishment by the Indonesian Government

THE Indonesian government’s decision to re-implement the death penalty for drug smugglers has generated much tension between Indonesia and countries around the world. Surprisingly, although the Indonesian government’s firm stance on capital punishment has met with opposition from various countries, there has been no sign of significant protests in the country itself. This paper aims to connect Max Weber’s conception of authority, which can be understood as “power that is defined and supported by the norms of a social system and generally accepted as legitimate by those who participate in the social system,” (Hayle 2015) to this specific issue.